Jl. Raya Tlanakan KM 09

smkn1tlanakan@gmail.com

(0324) 3517158

April Dharma Putri Harumkan SMKN 1 Tlanakan

,

Menempuh pendidikan di pinggiran kota, terkadang membuat pelajar minder. Salah satunya dialami oleh April Dharma Putri (16), siswi SMKN 1 Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Siswi kelahiran 2 April 2003 ini, menganggap dirinya bagaikan seekor ikan kecil ketika menempuh pendidikan di kota, namun seperti seekor singa ketika sekolah di pinggiran kota.

Persepsi itu timbul ketika awal-awal memasuki pendidikan di SMKN 1 Tlanakan. Sekolah yang kini satu-satunya di Jawa Timur mulai mengembangkan sekolah garam, tidak akan mengembangkan skill Putri, sapaan akrab April Dharma Putri.

Namun, persepsi itu bertolak belakang ketika sudah dijalani selama beberapa tahun. Bahkan, dengan ketelatenan dan semangat para guru SMKN 1 Tlanakan, akhirnya membawa Putri berprestasi di tingkat lokal Pamekasan dan regional Jawa Timur.

“Dulu saya ingin masuk SMAN favorit di kota untuk mengejar prestasi, namun tidak lulus. Setelah masuk SMKN 1 Tlanakan, perlahan prestasi saya raih,” ujar Putri beberapa waktu lalu.

Prestasi Putri yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS periode 2018-2019 ini, dimulai dari ranking kelas sejak kelas X sampai kelas XI . Prestasi itu berlanjut ke juara 2 lomba teknologi tepat guna se-Jawa Timur tahun 2016. Disusul kemudian sebagai juara 3 Duta Genre Kabupaten pamekasan 2019

Tak cukup di situ, anak sulung pasangan suami istri dari Agus Dharma Putra dan  Mailah ini, menjadi juara 3 PBB tingkat Kabupaten Pamekasan (Danton) 201. Ia juga mewakili sekolahnya menjadi peserta Latihan Dasar Kepemimpinan se-Jawa Timur pada tahun 2016. Putri yang punya ambisi menjadi seorang aktivis ini, juga menjadi peserta JUMBARA se-Jawa Timur di Magetan tahun 2019 mewakili Kabupaten Pamekasan Bulan Juni 2019.

Di bidang akademik, mantan bendahara OSIS periode 2017-2018 ini, pernah meraih juara 1 Lomba Bercerita  tingkat Kecamatan Tlanakan 2015, Juara 1 Lomba Bercerita  tingkat Kabupaten Pamekasan tahun 2015 dan menjadi Peserta lomba Bercerita se-Jawa Timur tahun 2015.

“Saya bersyukur sekolah di SMKN 1 Tlanakan karena mendapatkan pengalaman, baik dalam organisasi maupun dalam kegiatan akademik. Guru-gurunya muda-muda dan enak dalam mengajar, Fasilitas sekolah sudah mulai lengkap. Semoga kedepannya sekolah ini lebih baik, dan sarananya makin lengkap, khususnya sarana yang mewadahi bakat dan minat siswa,” ungkapnya.

Kepala SMKN 1 Tlanakan Pamekasan, Moh. Syaffak, M. Pd, mengungkapkan, setiap siswa memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk meraih prestasi. Lokasi sekolah tidak menentukan anak akan berprestasi atau tidak, tetapi tergantung kemauan dan semangat anak itu sendiri.

“Kami selalu mendorong agar kemampuan anak di bidang akademik dan non akademik sama-sama berprestasi. Salah satunya nanda April Dharma Putri ini yang sudah mengharumkan nama sekolah dan dirinya sendiri,” ungkap Moh. Syaffak. (*)

Sumber : TIMESINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

There’s no content to show here yet.